Selasa, 12 Juni 2012

Anggrek Cattleya

Siapa sih yang tak mengenal bunga Anggrek, salah satu bunga yang banyak disuka adalah anggrek cattleya, sudah lama sebenarnya keluarga ku merawat tanaman cattleya, namun sering menghiraukan perawatannya, namun tanaman ini sering berbunga walaupun jarang diarawat. Dilihat dari bentuk daunnya. Cattleya mempunyai kemampuan berbunga yang berbeda. Bila daunnya lebar dan pendek menandakan anggrek tersebut rajin berbunga. Dan sebaliknya bila daunnya sempit dan panjang menandakan anggrek cattleya tersebut jarang berbunga
Secara umum tanaman anggrek memerlukan temperatur 28 ° C dengan temperatur minimum 15° C. Anggrek tanah pada umumnya lebih tahan panas dari pada anggrek pot. Tetapi temperatur yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Anggrek Cattleya ada yang tahan hidup didaerah panas dan ada yang tahan hidup didaerah dingin. Yang hidup didaerah dingin mempunyai ukuran bunga lebih besar dari cattleya yang hidup didaerah panas.

Dilihat dari asal usulnya nama cattleya diambil dari nama William Cattley, seorang inggris yang sangat berjasa sebagai orang pertama yang mengkoleksi anggrek-anggrek eksotis. Cattleya adalah genus yang terdiri dari 42 spesies anggrek yang tumbuh di Costa Rica hingga daerah tropis Amerika Selatan. Nama genus tersebut dibuat pada tahun 1824 oleh John Lindley untuk menghormati William Cattley.

Perawatan catleya supaya rajin mekar sangatlah gampang diantaranya dilakukan 2 kali penyiraman sehari, pagi kira-kira pukul 8.00 dan sore hari kira-kira pikul 16.00. Pembatasan penyiraman dilakukan pada saat cuaca mendung agar tidak membuat media terlalu basah. Pemisahan rumpun yang terlalu rapat dapat berkontribusi besar terhadap perkembangannya dan berpengaruh terhadap pembungaan berikan pupuk penyubur dan perangsang bunga, seminggu sekali bergiliran. Minimal dilakukan penggantian pot setahun sekali , untuk menjaga keasaman media (PH mendekati normal) yang dikehndaki.
Perlu diingat, bahwa pemisahan rumpun atau penggantian pot diakukan sebaiknya sebelum akar cattleya keluar mendesak pot yang bisa mengakibatkan pot menjadi pecah, penggantian pot juga sebaknya dilakukan setelah tanaman selesai berbunga.
Gambar diatas adalah cattleya koleksi ku yang sedang mekar.
semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar